Senin, April 05, 2010

Tempat Peristirahatan Terakhir

MUARO JAMBI – Setiap orang tentu mendambakan untuk mendapatkan tempat peristirahatan yang nyaman, agar dapat hidup dengan tentram dan nyaman, demikian juga dengan orang-orang yang telah wafat.

Bagi orang yang telah wafat juga sangat mendambakan untuk mendapatkan tempat yang layak sebagai tempat tinggal terakhirnya, dengan tempat yang aman dan bersih, tentu akan memberikan kenyamanan dan ketentraman bagi arwah tersebut.

Seperti di Tempat Pemakanan Umum (TPU) masyarakat Tionghoa yang terletak diluar kota Jambi, tepatnya di TPU Bumi Langgeng, kilometer 12, Kecamatan Pondok Meja, Kabupaten Muaro Jambi, terdapat sebuah tempat pemakanan masyarakat Tionghoa yang tertata dengan rapi, begitu kita masuk pintu gerbang TPU ini, kita akan melihat ribuan tumpukan tanah (makam) yang tersusun rapi dan diatas makam terdapat rumput-rumput hias yang ditanami aneka bunga untuk menambah keindahan lokasi perkuburan.

TPU tersebut dikelola cukup baik oleh Perkumpulan Aneka Kesejahteraan (ANKE) Jambi, tahun 1996, hingga kini sudah lebih kurang seribu lebih warga yang memakamkan keluarga, ujar salah satu pengurus Perkumpulan ANKE waktu melayani masyarakat yang sedang merayakan Ceng Beng (ziarah) “Sejak tahun 1996, jumlah warga yang memakamkan keluarga mereka di TPU Bumi Langgeng lebih dari seribu.”

Ditempat pemakaman TPU Bumi Langgeng, bisa kita lihat setiap makam ditata dengan rapi dan ada juga makam yang dihiasi aneka ragam bunga hidup, untuk menambah keindahan lokasi pemakaman, disini tidak terlihat semak-semak belukar, jauh berbeda dengan TPU km 17 Kecamatan Kotabaru. (rom)

www.media-fotografers.blogspot.com