Selasa, Maret 26, 2013

Pria Kediri Sangat Doyan 'Jajan'

TRIBUNJAMBI.COM, KEDIRI - Ibu rumah tangga di Kediri ternyata sangat rawan tertular virus HIV. Berdasarkan data 2012, terdapat 14 ibu rumah tangga yang positif mengidap HIV.
"Pengidap baru HIV dari kalangan ibu rumah tangga, menempati ranking kedua setelah PSK. Jika pengidap dari PSK ditemukan 17 kasus, dari ibu rumah tangga 14 kasus," ungkap Heri Nurdianto, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kota Kediri, Senin (25/3/2013).

Heri menjelaskan, hingga bulan ketiga di 2013, sudah ditemukan enam kasus baru pengidap HIV. Hasil temuan itu berasal dari layanan di RSUD Gambiran, dan layanan daerah Dinas Kesehatan Kota Kediri.

Tingginya angka ibu rumah tangga yang terjangkit, sekaligus menjadi sinyal rawannya penularan virus HIV dari suami. Apalagi, berdasarkan hasil pemetaan, pria di Kota Kediri yang mengakses layanan Pekerja Seks Komersial (PSK) juga sangat tinggi, mencapai belasan ribu setiap tahun.

KPAD kini tengah getol melakukan kampanye sosialisasi penanggulangan virus HIV, di kalangan pria berisiko tinggi.

"Dari hasil pemetaan kami, pria yang biasa mengakses layanan PSK terbanyak dari kalangan menengah ke bawah," imbuhnya.

Atas dasar temuan itu, kini kampanye sosialisasi KPAD Kota Kediri tengah fokus menggarap sasaran para pria berisiko tinggi. Langkah itu dilakukan dengan melakukan kampanye sosialisasi di tempat berkumpulnya masyarakat, seperti stasiun dan pasar.

"Progam kami sekarang jemput bola mendekat ke sasaran," ucapnya.

Sementara, rentannya penularan virus HIV dan penyakit kelamin juga terlihat dari rendahnya pemakaian kondom di lokalisasi. Mayoritas pengunjung lokalisasi di Semampir, Kota Kediri, enggan memakai kondom karena dianggap mengurangi sensasi kenikmatan.

http://jambi.tribunnews.com/2013/03/26/duh-pria-kediri-sangat-doyan-jajan