Jumat, Juli 09, 2010

Kegiatan MOS, Membina Jiwa Sosial Pada Siswa Baru

JAMBI - Kegiatan masa orientasi sekolah (MOS) bisa dilakukan dengan kegiatan positif, salah satunya MOS yang digelar di SMA/SMK Unggul Sakti Jambi, dimana selain mengenal sekolah para siswa diajarkan untuk bisa hidup sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Bahwa, MOS yang silakukan siswa baru SMA/ SMK Unggul Sakti kali, berkaitan dengan piala dunia 2010 di Afrika Selatan, karena masing-masing kelompok mengatasnamakan dari nama negara peserta piala dunia, mereka begitu semangat mengikuti kegiatan walaupun harus menghadapi teriknya matahari.

Menurut Kepala SMA/ SMK Unggul Sakti Jambi, Drs. Putu Natih bahwa walaupun memegang prinsip disiplin tinggi, pihaknya menitik beratkan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dan sifat sosial.

“Setiap akhir MOS, maka kita menggelar kegiatan bakti sosial untuk siswa baru. Kegiatan ini sebagai salah satu cara mengajarkan siswa untuk bersikap sosial, tidak hanya di sekolah tapi juga di lingkunganya. Jadi inilah kegiatan positif yang kita gelar setiap penerimaan siswa baru,” sebut Putu Natih, pagi tadi diruang kerjanya.

Selanjutnya kata Putu untuk mendidik siswa yang mampu untuk dapat membantu sesama, karena sebagian dari bantuan sosial itu biasanya berasal dari siswa yang mampu. “Jadi yang mampu membiasakan memberikan kepada yang tidak mampu, mereka juga akan terbiasa saling memberi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Putu juga mengatakan, selain kegiatan tersebut pihaknya juga menyelenggarakan kegiatan MOS berupa materi di kelas dan kegiatan di luar kelas. Kegiatan di dalam kelas biasanya bersifat pengenalan semua kegiatan di sekolah dan di luar kelas sifatnya kedisiplinan.

“MOS itu juga ada kegiata pengenalan lingkungan sekolah, pengenalan siswa baru, pengenalan kurikulum, program dan cara belajar. Kita juga mensosialisasikan tata tertib sekolah dan yang tidak kalah penting baris berbari karena ini bagian dari disiplin yang kita utamakan,” bebernya (Rom)

http://ayojambi.com/
http://www.banyurawa.com/
http://multi-nusantara.blogspot.com/
http://komunitas-jambi.blogspot.com/
http://multmedia.multiply.com/
http://www.youtube.com/my_videos
http://www.1newspot.com/ (http://www.kompas-tv.com)