Jumat, April 16, 2010

Perayaan Ulang Tahun Hien Thien Siong Te

JAMBI – Ratusan umat Khonghucu sejak Jumat pagi (16/4) membanjiri Klenteng Hok Sin Tong yang berlokasi di RT. 23 Kelurahan Lebak Bandung, Kecamatan Jelutung. Kehadiran ratusan umat Khonghucu tersebut, untuk mengikuti prosesi pelaksana perayakan ulang tahun Sin Beng (baca dewa red) Hien Thien Siong Te yang jatuh pada penanggalan Imlek Sa Gwee Cui Sa.

Klenteng Hok Sin Tong merupakan salah satu klenteng yang cukup tua di Kota Jambi yaitu didirikan pada tahun 1946 dengan ukuran dalam ruangan 12 X 8 meter dan menjalani renovasi pada tahun 1986.

Mengingat jasa Sin Beng Hien Tien Siong Te yang telah banyak membantu berbagai lapisan masyarakat, maka tidak heran dalam setiap perayaan ulang tahunnya selalu ramai dikunjungi, kali inu selain merayakan ulang tahun Hien Thien Siong Te juga ikut merayakan kho kun.

Hasil pantauan team ayojambi.com/ banyurawa.com dilokasi perayaan, tahun ini umat Khonghucu yang hadir cukup luar biasa, tidak saja dari kalangan generasi tua, namun kini generasi muda umat Khonghucu juga tidak mau ketinggalan.

Menurut penjelasan Ketua Klenteng Hok Sin Tong yang tidak lain juga sebagai Ketua Persatuan Xiangqi Indonesia (PENGPROV-PEXI) Jambi, Darman Wijaya, “bahwa tahun ini umat Khonghucu yang ikut dalam prosesi perayaan hut Hien Thien Siong Te mengalami peningkatan”. Mudah-mudahan tahun depang umat yang hadir akan bertambah, imbuhnya.

Selain itu Darman Wijaya juga mengatakan bahwa Klenteng Hok Seng Tong dibangun pada tahun 1946 silam dan telah dilakukan renovasi pada tahun 1986 atas keputusan sang Sin Beng/ Dewa, meminta agar tidak posisi tempat ibadahnya jangan dirobah dari bentuk asli klenteng, oleh karena itu kita selaku pengurus tidak berani memperbesarkan ruang ibadah yang sudah tidak dapat menampung umat yang datang sembahyang.

Seusai upacara ulang tahun dan kho kun semua persembahan dari umat dikumpulkan dan dimasak selanjutnya dimakan bersama, dengan memakan hidangan tersebut dipercayai masyarakat akan mendapatkan berkah dari sang Sin Beng.

Perayaan hut Hien Thien Siong Te, juga dilakukan dibeberapa klenteng dalam kota Jambi, seperti di Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Klenteng Leng Chun Keng di Jalan Koni 1, MAKIN Klenteng Sai Che Tien, Jalan Koni IV. (rom)