Minggu, Februari 10, 2019

Umat Khonghucu Sambut Sejit Cheng Cui Co She

JAMBI – Setelah lima hari perayaan Tahun Baru Imlek 2570 kongzili, ratusan umat Khonghucu di Kota Jambi silih berganti mendatangi Klenteng “Hok Kheng Tong” yang terletak di Jalan Koni IV, Rt. 02, Kelurahan Talangjauh, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, kehadiran umat Khonghucu tersebut untuk untuk mengikuti prosesi upacara perayaan Sejit Roh Suci Shen Ren “Cheng Cui Co She” Qing Shui Zu Shi (Hok Kian = Ching Cui Co Su) atau yang lebih dikenal dengan nama sebutan “Co She Kong”, yang dilakukan pada Minggu (10/2-2019) pagi.

Mereka datang bersama keluarga maupun anak untuk sembahyang di Klenteng Hok Kheng Tong.
Upacara sembahyang langsung dipimpin oleh Lim Tek Chu taoshe dari Tiongkok upacara mulai dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 13.00.
Prosesi upacara terbagi dua tahap, yakni tahap pertama adalah sembahyang menghadap altar Tien (Tuhan), tahap kedua baru sembahyang di altar Roh Suci Shen Ren “Cheng Cui Co She” atau “Co She Kong”. Tahap demi tahap diikuti oleh segenap pengurus klenteng Hok Kheng Tong beserta para Lo Cu (panitia), semua prosesi dilakukan pengurus dengan kusuk dan seusai tahapan pertama umat Khonghucu, setengah jam kemudian, prosesi upacara kedua dilanjutkan didalam altar klenteng, yakni di altar Cheng Cui Co She (Co She Kong). Sebagaimana biasanya berbagai sesajen terbentang di atas meja segi empat berwarna merah, sesajian ada yang dibawa oleh masing-masing umat sendiri.

Seusai sembahyang tersebut, sesajen-sesajen yang ada di altar lalu dimasak, kemudian dimakan bersama. Tradisi makan bersama ini, menurut kepercayaan umat Khonghucu, dengan memakan makanan dari hasil sembahyang ulang tahun para Roh Suci Shen Ren, diri mereka akan mendapatkan perlindungan dari mahluk-mahluk yang berniat jahat.

Co She Kong berasal dari Propinsi Hok Kian, Kabupaten Yong Chun, China. Nama panggilan sehari-hari adalah Chen Zhao Ying (Hok Kian = Tan Ciao Eng). Beliau dilahirkan pada tanggal 6 bulan 11 Imlek, tahun 1044 M, pada zaman Dinasti Song (960-1279 M), dimasa Pemerintahan Kaisar Ren Zhong tahun keempat.

Chen Zhao Ying mahir dalam bidang pengobatan dan mendatangkan hujan bagi penduduk di sekitar An Xi (An Hui) & Xia Men (E Meng). Beliau sering membantu penduduk yang miskin dalam masalah pengobatan dan suka menolong orang-orang membangun jembatan. Di dekat gua tempat beliau bertapa terdapat sumber air yang jernih, yang bernama Qing Shui Yan (Ching Cui Giam) yang berarti Cadas Air Bersih. Dengan air jernih dan meditasi di gua ini Chen Zhao Ying mengobati orang-orang yang meminta pertolongannya. (Romy)
* https://www.facebook.com/makinjambi