Senin, Agustus 06, 2018

Perayaan Hari Besar Kwan Seng Tee Kun


占碑忠義堂庆祝圣壽千秋關聖帝君

JAMBI - Minggu, 5 Agustus 2018, Klenteng Tiong Gie Thong Jambi (占碑忠義堂) mengadakan perayaan sejit Kwan Seng Tee Kun 庆祝關聖帝君 yang diikuti ribuan umat, tokoh masyarakat dan pengusaha Jambi. Diantara yang hadir terdiri dari ketua Klenteng Sai Che Tien Jambi Darmadi Tekun, ketua Perkumpulan Marga Lie Jambi Berlianta Eliamsya, Wakil Ketua klenteng Hok Kheng Tong Lie Chie Guan, ketua klenteng Leng Chun Keng Lim Han Mong, ketua Perempuan Khonghucu Jambi Herwai, wakil ketua Perkumpulan Teo Chew Jambi Rozak.

Upacara sembahyang dipimpin oleh The Lien Teng Taoshe dibantu 2 orang asisten.

Selanjutnya pada malam harinya, pengurus klenteng Tiong Gie Thong mengadakan jamuan makan bersama atas suksesnya acara sembahyang perayaan sejit Kwan Seng Tee Kun, acara di hibur oleh penyanyi dari Jakarta, Surabaya dan Kalimantan.

Sebelum perayaan, ketua Tiong Gi Thong Jambi, Wu Jinlai atas nama seluruh dewan pengurus secara khusus menyambut kehadiran para tamu untuk berpartisipasi dalam perayaan itu, “Saya berharap yang terbaik untuk semua tamu.” Mengucapkan rasa syukur dan berdoa bagi masyarakat untuk mendapatkan perlindungan dari Tuhan (Tien), perdamaian dan kemakmuran nagi rakyat negara Indonesia, tidak ada bencana alam, dls.

Guan Gong (Hanzi : 关公, Hokkian : Kwan Kong) atau Guan, yang berarti ‘Paduka Guan’, adalah seorang panglima perang kenamaan yang hidup pada jaman Sam Kok (tahun 221 – 269 Masehi). Nama aslinya adalah Guan Yu (关羽) atau Guan Yun Chang (关云长). Oleh Kaisar Han, Ia diberi gelar Han Shou Ting Hou (漢夀亭侯) yang berarti ‘Marquis dari Han Shou’.

Guan Yu dipuja karena kesetiaan dan kejujuran. Dia adalah lambang teladan sifat ksatria sejati yang selalu menempati janji dan setia pada sumpahnya. Oleh sebab itu Guan Yu banyak dipuja di berbagai kalangan masyarakat, disamping klenteng-klenteng. (Romy)* https://www.facebook.com/makinjambi