Sabtu, April 27, 2013

Agar tidak tertipu agen wisata palsu, lakukan ini

APA yang Anda lakukan setelah memutuskan untuk liburan ke luar kota atau luar negeri? Tentunya sangat banyak, dan yang pasti adalah segera memesan tiket ke biro perjalanan. Bagi Anda yang jarang melakukan perjalanan jauh sebaiknya perhatikan beberapa hal ini saat memesan tiket.
Seperti dijelaskan owner Glory Travel and Tour Banda Aceh, Ridha Sahputra, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum membeli tiket melalui agen wisata atau biro perjalanan. Pertama Anda perlu mencari tahu informasi mengenai agen atau biro tersebut. Waspadai juga agen-agen online yang track recordnya belum Anda ketahui.

“Karena sekarang banyak agen online dan sekarang juga sedang marak penipuan dengan modus agen travel online,” katanya.

Modus operandinya berupa pura-pura buka lowongan kerja kemudian para pendaftar dipanggil untuk interview oleh perusahaan fiktif tersebut. Mereka mengaku-ngaku sebuah perusahaan besar dan ternama.

Setelah itu si pelamar kerja dianjurkan membayar tiket pesawat keberangkatan untuk keperluan wawancara.

“Biasanya tiketnya ada tapi masih dalam satus booking belum di issued atau belum dibayar,” katanya. Dalam kasus tersebut banyak juga pelamar yang terjebak.

Tak ada salahnya Anda cari tahu dulu reputasi biro perjalanan tersebut, bisa tanya ke teman-teman, cari di internet atau lihat testimonialnya. Jangan lupa pertimbangan juga soal fasilitas dan rincian kegiatan saat liburan. Pastikan jadwalnya dengan baik, apalagi dengan kecanggihan teknologi saat ini.

“Kita bisa cek dan ricek agenda perjalanan, seperti bisa konfirmasi ke hotel yang tertera dalam itinerary kemudian juga bisa mengecek status reservasi tiket kita, jadi kalau ada penipuan maka akan terdeteksi,” katanya.[] ihn

http://atjehpost.com/diwana_read/2013/03/20/44619/405/19/