Selasa, Mei 10, 2011

Saat Polisi Merazia Polisi...

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Sejumlah anggota polisi grogi saat kendaraannya tiba-tiba diberhentikan oleh anggota Provos Polres Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa (10/5/2011).

Beberapa di antara mereka mencoba menghindari razia tersebut. Namun, mereka tak bisa lolos dari sergapan sejumlah anggota Provos yang telah berpencar di dua titik Jalan Jenderal Sudirman. Ruas jalan ini merupakan satu-satunya jalan menuju Mapolres Bulukumba.
Razia yang merupakan perintah langsung dari Polda Sulselbar tersebut memang mendadak sehingga banyak anggota polisi yang datang untuk mengikuti apel pagi menjadi kalang kabut. Hasilnya, beberapa di antara sejumlah anggota yang terjaring razia tidak dapat memperlihatkan surat-surat kepemilikan kendaraannya.

Dalam penegakan disiplin tersebut, tidak hanya kelengkapan surat kendaraan yang diperiksa. Kelengkapan peralatan kendaraan, seperti kaca spion, lampu, hingga knalpot, pun tak luput. "Sebelum kita melakukan razia ke masyarakat, terlebih dahulu kita harus mendisiplinkan anggota," ujar Wakil Kapolres Bulukumba Komisaris Wisnu kepada wartawan.

Wisnu menambahkan, anggota polisi yang melakukan pelanggaran dan tak mempunyai surat kendaraan akan dikenakan sanksi disiplin yang telah diterapkan di Mapolres Bulukumba.

Tidak hanya kendaraan pribadi yang dijaring, tetapi kendaraan dinas pun tak luput dari sasaran Provos. Bahkan, anggota satuan lalu lintas yang menggunakan motor BM turut menjalani pemeriksaan sebelum menjalankan tugasnya.

http://regional.kompas.com/read/2011/05/10/12441373/