Jumat, Februari 18, 2011

Sakyakirti Resmikan Patung Gupolu

JAMBI – Bertepatan dengan hari perayaan Cap Go Me, Vihara Sakykirti menggelar peresmian dua patung Gupolo yang berada di pintu masuk Vihara (17/2). Peresmian langsung dipimpin oleh tiga Bhikku.
Sebelum peresmin dimulai, ada serangkaian acara yang digelar. Dimulai dari pembacaan Paritta yang diikuti oleh para umat, Blessing dan dilanjutkan dengan peresmian patung Gupolo.

Menurut ketua Majelis Buddhayana Indonsia (MBI) Provinsi Jambi, Romo Balamitta, bahwa patung Gupolo merupakan patung yang selalu dijumpai dan diletakkan didepan pendopo, rumah atau bangunan. Memiliki perut dan bola mata yang sedikit besar. “Dengan kehadiran dua patung di depan pintu masuk Vihara, dapat memberikan kesan tersendiri bagi umat yang datang untuk bersembahyang,”ujarnya.

Berdasarkan filosofinya, patung Gupolo dipercaya mampu menjaga pengaruh-pengaruh buruk. Ini diibaratkan sebagai kekuatan yang mampu menjaga pemilik rumah atau bangunan dari pengaruh buruk dan jahat. Maka, pihak Vihara Sakyakirti meletakkan patung ini tepat dihalaman depan dan pintu masuk Vihara. “ Ini agar semua umat yang datang untuk bersembahyang bisa terlindung dari berbagai pegaruh buruk dari luar,”jelasnnya.

Prosesi dimulai sejak pukul 09.00 WIB, diawali pembacaan paritta di dalam Vihara. Sekitar setengah jam, dilanjutkan dengan blessing atau pemercikan air suci keseluruh bagian Vihara oleh Bhikku Girivirya dan YM Bhikku Sasana Bodhi Mahathera.