Rabu, Februari 16, 2011

3 Klenteng Adakan Karvanal Dewa, Menyambut Malam Cap Go Me


JAMBI – Menjelang Malam Cap Go Me (Jia Gwee Cap Go) yang jatuh pada hari Kamis, 17 Februari 2011 mendatang.
Tiga klenteng di Kota Jambi akan adakan parade para Sin Beng (baa kim sin/ patung dewa red), untuk memeriahkan acara malam Cap Go Me, MAKIN (Majelis Agama Khonghucu Indonesia) Leng Chun Keng, MAKIN Sai Che Tien telah mempersiapkan diri, seperti mempersiapkan umbul-umbul, lampion, tandu sin beng (kio).

Menurut penuturan Ketua MAKIN Sai Che Tien, Darmadi Tekun, untuk acara malam perayaan Cap Go Me seperti biasa gabungan dari tiga klenteng, yaitu MAKIN Sai Che Tien, MAKIN Leng Chun Keng dan Klenteng Hok Kheng Tong. masing-masing klenteng menurunkan sin beng utamanya. MAKIN Sai Che Tien akan turunkan Hok Hie Tee Sien (Sin Kong) dan dua sin beng pendamping, “Kita turunkan Kin Sin Hok Hie Tee Sien dan dua kin sin pendaping,” katanya.

Tambah Darmadi Tekun, selain itu juga kita sedang pasang penerangan dibeberapa sudut klenteng maupun jalan-jalan. Demikian juga disampaikan oleh pengurus MAKIN Leng Chun Keng, Lim Yong Siang.

Rencana kalvanal diawali dari MAKIN Leng Chun Keng, setelah tandu kin sim dirasuki roh sin beng kira-kira pukul 17.30 WIB, maka rombongan akan meluncur ke MAKIN Sai Che Tien, selanjutnya dua MAKIN menuju ke Klenteng Hok Keng Tong, lalu kanaval keliling dimulai dari Hok Kheng Tong.

Arak-arak Cap Go Me belangung di sepanjang Jalan Pangeran Diponegoro, Kelurahan Talangjauh, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, menuju ke Klenteng Ceng Hong Lau di Kelurahan Budiman, Kecamatan Jambi Timur, yang jaraknya sekitar lima kilo.

Atraksi karnaval Cap Go Me tahun ini, mengarak sejumlah kin sin, diantaranya kim sin dari klenteng Makin Sai Che Tien, terus kim sin dari Makin Leng Chun Keng, kim sin dari rumah ibadah Lam Tien Tong serta kim sin dari Klenteng Khonghucu Hok Kheng Tong.